Rabu, 29 Oktober 2014

Jenis-jenis karangan

Jenis-Jenis Karangan Beserta Contohnya 

1. Karangan Narasi
Karangan narasi adalah karangan yang menyajikan serangkaian peristiwa yang biasanya disusun menurut urutan waktu. Yang termasuk narasi ialah cerpen, novel, roman, kisah
perjalanan, biografi, otobiografi.

Ciri-ciri / karakteristik karangan Narasi
      a. Menyajikan serangkaian berita atau peristiwa
      b. Disajikan dalam urutan waktu serta kejadian yang menunjukkan peristiwa awal sampai akhir
      c. Menampilkan pelaku peristiwa atau kejadian
      d. Latar (setting) digambarkan secara hidup dan terperinci

Contoh Karangan narasi :
Di sebuah desa kecil di tengah hutan, hiduplah 2 orang anak kembar yang bernama Dudung dan Maman. mereka tinggal di sebuah gubuk kecil yang kumuh dan keseharian mereka selalu beburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Dudung dan Maman pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai anak angkatnya dan akhirnya hidup berbahagialah kedua anak kembar itu .

2. Karangan Deskripsi
Karangan Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu seakan-akan pembaca melihat, mendengar, merasakan, mengalaminya sendiri.

Ciri-ciri / karakteristik karangan deskripsi:
     a. Melukiskan atau menggambarkan suatu objek tertentu
     b. Bertujuan untuk menciptakan kesan atau pengalaman pada diri pembaca agar seolah-olah mereka     melihat, merasakan, mengalami atau mendengar, sendiri suatu objek yang dideskripsikan
     c. Sifat penulisannya objektif karena selalu mengambil objek tertentu, yang dapat berupa tempat             manusia, dan hal yang dipersonifikasikan
     d. Penulisannya dapat menggunakan cara atau metode realistis (objektif), impresionistis (subjektif), atau            sikap penulis

Contoh :
Kolam ikan itu ukurannya 20 x 10 x 1,5 meter. Dasar kolamnya licin dan airnya pun berwarna hijau. Isi ikan nya tidak terlalu banyak  tapi selalu ada. Itulah salah satu kolam ikan yang pernah ku temui.

3. Karangan Eksposisi
Karangan Eksposisi adalah bentuk karangan yang memaparkan, memberi keterangan, menjelaskan,memberi informasi sejelas-jelasnya mengenai suatu hal.

Ciri-ciri / karakteristik karangan Eksposisi:
     a. Menjelaskan informasi agar pembaca mengetahuinya
     b. Menyatakan sesuatu yang benar-benar terjadi (data faktual)
     c. Tidak terdapat unsur mempengaruhi atau memaksakan kehendak
     d. Menunjukkan analisis atau penafsiran secara objektif terhadap fakta yang ada
     e. Menunjukkan sebuah peristiwa yang terjadi atau tentang proses kerja sesuatu

Contoh :
Untuk membuat nasi goreng tidaklah sulit. Cukup sediakan bawang merah, bawang putih dan cabai secukupnya, lalu iris kecil-kecil. Setelah itu, goreng sebentar sampe berubah warna dengan api kecil, tambahkan 1 butir telur lalu langsung di aduk-aduk, lalu masukan nasi putih secukupnya dan beri bumbu secukupnya, lalu beri kecap secara merata aduk sampe warna nasi telah berubah menjadi kecoklatan, lalu angkatlah nasi goreng tersebut dan nasi goreng pun siap di sajikan.

 4. Karangan Persuasi
Karangan Persuasi adalah karangan yang tujuannya untuk membujuk pembaca agar mau mengikuti kemauan atau ide penulis disertai alasan bukti dan contoh konkrit.

Ciri-ciri / karakteristik karangan persuasi:
     1. Terdapat himbauan atau ajakan
     2. Berusaha mempengaruhi pembaca

Contoh :
Jika senang bepergian, Anda tentunya memiliki banyak persiapan dalam menghadapi liburan ini. Persiapan yang terpenting adalah kamera. Anda tidak mungkin dapat berlibur jika tidak membawa kamra Oleh karena itulah, kami ciptakan sebuah produk terbar, yaitu kamera pocket yang tahan terhadap segala cuaca. Jika Anda ingin selalu mengabadikan momen yang indaah untuk anda, segera kunjungi inovation store terdekat di kota Anda. Dijamin, Anda tidak akan pernah merasa kecewa.

5. Karangan Argumentasi
Karangan Argumentasi adalah karangan yang isinya bertujuan meyakinkan atau mempengaruhi pembaca terhadap suatu masalah dengan mengemukakan alasan, bukti, dan contoh nyata.

Ciri-ciri / karakteristik karangan Argumentasi:
     a. Berusaha meyakinkan pembaca akan kebenaran gagasan pengarang sehingga kebenaran itu diakui oleh          pembaca
     b. Pembuktian dilengkapi dengan data, fakta, grafik, tabel, gambar
     c. Dalam argumentasi pengarang berusaha mengubah sikap, pendapat atau pandangan pembaca
     d. Dalam membuktikan sesuatu, pengarang menghindarkan keterlibatan emosi dan menjauhkan subjektivitas
     e. Dalam membuktikan kebenaran pendapat pengarang, kita dapat menggunakan bermacam-macam pola pembuktian

Contoh : 
Hidup itu memiliki 2 pilihan, yaitu sukses dan gagal. bila ingin sukses, maka kita harus belajar dan bersungguh-sungguh. Dan disisi lain, untuk menjadi orang sukses adalah dengan cara kita harus meninggalkan alasan. Sebab, degan meninggalkannya alasan, kita bisa hidup lebih berdisiplin. Tapi, bila orang tersebut malah melakukan bahkan sering mengeluarkan alasan, maka hidupnya akan di penuhi kegagalan. dan sulit mendapatkan kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar