Algoritma
Pembentukan Lingkaran
Pada umumnya, lingkaran digunakan sebagai komponen
dari suatu gambar. Prosedur untuk menampilkan lingkaran dan elips dibuat dengan
persamaan dasar dari lingkaran x2+y2=r2.
Lingkaran adalah kumpulan dari
titik-titik yang memiliki jarak dari titik pusat yang sama untuk semua titik.
Lingkaran dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran, karena bagian lain
dapat dibuat sebagai bagian yang simetris. Penambahan x dapat dilakukan dari 0
ke r sebesar unit step, yaitu menambahkan ± y untuk setiap step.
Simetris
delapan titik
Proses pembuatan lingkaran dapat
dilakukan dengan menentukan satu titik awal. Bila titik awal pada lingkaran
(x,y), maka terdapat tiga posisi lain, sehingga dapat diperoleh delapan titik.
Dengan demikian, hanya diperlukan untuk menghitung segmen 45o dalam
menentukan lingkaran selengkapnya. Delapan titik simetris, yaitu :
·
Kuadran I (x,y),(y,x)
·
Kuadran II
(-x,y),(-y,x)
·
Kuadran III
(-x,-y),(-y-x)
·
Kuadran IV
(x,-y),(y,-x)
Algoritma lingkaran midpoint
disebut juga algoritma lingkaran Bressenham. Algoritma yang digunakan membentuk
semua titik berdasarkan titik pusat dengan penambahan semau jalur disekeliling
lingkaran. Dalam hal ini hanya diperhatikan bagian 45o dari suatu
lingkaran, yaitu oktan kedua dari x = 0 ke x = R/2,
dan menggunakan prosedur circle point untuk menampilkan titik dari seluruh
lingkaran.
jalur lingkaran setiap step. Fungsi
lingkaran menentukan parameter pada algoritma
lingkaran.
Langkah-langkah pembentukan
lingkaran :
2)
Hitung nilai dari
parameter P0 = 1-r
3)
Tentukan nilai awal k =
0, untuk setiap posisi xk berlaku sbb :
·
Bila pk
<0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk)
Pk+1
= pk +2xk+1+1
·
Bila pk >0, maka
titik selanjutnya adalah (xk+1,yk-1)
Pk+1 = pk +2 xk+1+1
- 2 yk+1
Dimana 2 xk+1 = 2 xk
+ 2 dan 2 yk+1 = 2 yk – 2
4)
Tentukan titik simetris
pada ketujuh oktan yang lain.
5)
Gerakkan setiap posisi
pixel (x,y) pada garis melingkar dari lingkaran dengan titik pusat (xc,yc)
dan tentukan nilai koordinat : x= x + xc dan y = y + yc
6)
Ulangi langkah ke 3 -5,
sampai dengan x>=y
Contoh :
Untuk menggambarkan algoritma
Bressenham dalam pembentukan suatu lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan
radius 10, perhitungan berdasarkan pada oktan dari kuadran pertama dimana x =0
sampai x =y.
Penyelesaian :
(x0,y0) =(0,0) r = 10
(x0,y0) = (0,10) 2x0 = 0, 2y0 = 20
parameter p0 = 1-r =
-9
Kesimpulan
algoritma pembentukan lingkaran adalah suatu algoritma yang di gunakan untuk menampilkan lingkaran, dengan menggunakan persamaan dengan persamaan dasar dari lingkaran x2+y2=r2. jadi metode ini akan menampilkan suatu lingkaran dengan menggunakan beberapa step.
bagaimana jika pk=0 ? di aturannya hanya ada kondisi pk<0 dan pk>0
BalasHapusbuat sebuah lingkaran dengan r = 12 dengan titik (0,0). gimana ya min cara carinya!
BalasHapusHitung dan gambarkan algoritma pembentukan lingkaran dengan titik
BalasHapuspusat (10,0) dan radius=10,
bingung sayaaa